Update Yamaha M1 di Misano / Emilia Romagna MotoGP 2020

Menyongsong balapan kedua atau balapan ke 7 MotoGP Misano atau Emilia Romagna Yamaha melakukan beberapa improvemen untuk memberikan feedback yang bagus untuk para pembalap andalanya. Pada official test misano selasa 15 September, 2020 Yamaha memberikan beberapa update untuk improvement dan berusaha untuk meraih championship mumpung Marquez absen lama.

Knalpot Baru

Yamaha memberikan senjata baru untuk ketiga pembalapnya Rossi, Vinaless dan Quartararo menggunakan knalpot baru yang memiliki ukuran lebih panjang dan memiliki lubang berukuran besar. Dari beberapa sumber Knalpot baru ini digunakan untuk memberikan peningkatan performa di RPM menengah.

Yamaha M1 sendiri sudah tidak mungkin untuk mengail performa motor di RPM tinggi karena beberapa alasan pertama, Defek pada klep yang semakin riskan untuk digeber di RPM yang lebih tinggi apalagi Yamaha M1 saat ini menurunkan Red line di kisran 300RPM untuk memperpanjang usia mesin. Jadi memaksimalkan potensi performa Yamaha M1 di RPM menengah adalah solusinya.

Baca : Knalpot Baru Yamaha M1 Tes Misano 2020

Advance Left Handle

Pada stang bagian kiri, Yamaha M1 makin ribet, dan penggunaannya sangat advance. Pada handle stang sebelah kiri setidaknya ada 3 tuas. yang paling atas adalah:

Shape Shifter
yang fungsinya untuk merendahkan posisi tempat duduk dengan menurunkan atau mengompres suspesi belakang, fungsinya untuk merendahkan COG dan memberikan distribusi bobot ke roda belakang yang lebih besar ketimbang roda depan. Selain untuk mengurangi gejala wheelie juga untuk mengurangi spin roda belakang saat berakselerasi.

Cara mengaktifkannya dengan cara menarik tuas paling atas dengan jari telunjuk terlihat jari telunjuk Rossi pada gambar di atas sedang menarik sesuatu. Tuas itulah yang sepertinya untuk digunakan mengaktifkan Shape Shifter atau Ride Height Adjuster.

Scooter Rear Brake
Tuas paling atas adalah Scooter Rear Brake yang fungsinya untuk membatu rem belakang ala scooter atau motor matik, kenapa bagian atas? karena tuas bagian atas inilah yang diberikan protektor sedangkan tuas bagian bawah tidak dilengkapi dengan protektor.

Scooter Rear Brake ini sangat berguyna ketika pembalap cornering ke arah kanan, dimana lebih susah untuk menjangkau rem belakang dengan kaki kanan.

Clutch Shifter
Fungsinya untuk seperti tuas kopling pada umumnya, namun seiring perkembangan teknologi Seamles Shift Gear Box tuas kompling gampir sama sekali untuk tidak diguankan, dan hanya digunakan ketika Start saja.

Swing Arm Baru

Untuk memberikan kekakuan tertentu atau kelenturan tertentu Yamaha memberikan update pada Swing arm belakang, dari Galery Foto diatas terlihat jika versi terbaru memiliki ronga jalur rantai yang lebih sempit. Kali dilihat update yang diberikan sepertinya lebih untuk memperkaku swing arm belakang.

Seseorang yang punya minat di otomotif dan web development. mencoba menyalurkan minatnya dengan menulis di blog ini dan blog satunya. Saat ini juga mencoba untuk membuat konten di youtube.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *